Manfaat Brand Guideline dan Intip 5 Tips Membuatnya

Agar brand Anda dapat dikenali dengan baik oleh seluruh audiens, maka perlu promosi yang menarik. Tim marketing perlu memahami manfaat brand guideline untuk memajukan bisnis di era digital. Elemen penting dan tips membuatnya perlu Anda pelajari demi mendapatkan strategi penjualan yang terbaik. 

Mengenal Manfaat Brand Guideline

Cara membuat brand guideline dianggap penting, sebab mencerminkan konsistensi dari brand yang Anda bangun. Hal tersebut mencakup pada postingan blog hingga media sosial. Selain itu, hadirnya panduan merek juga mampu menciptakan kesan kuat dari sisi pelanggan. Panduan tersebut juga mendorong hal loyalitas dari pelanggan. 

Umumnya, pelanggan yang loyal memiliki hubungan emosional karena kesamaan nilai inti. Simak apa saja manfaat yang bisa dirasakan perusahaan ketika membuat contoh brand guideline:

  • Membantu menghadirkan konsistensi pada seluruh platform materi dan hal lainnya yang berkaitan dengan brand. 
  • Menciptakan brand recognition sehingga lebih menonjol di pasar melalui visual dan salinan yang konsisten. 
  • Memberikan manfaat terkait efisiensi pada saat memperkenalkan brand ke seluruh pelanggan. 
  • Hadirnya panduan merek juga berfungsi sebagai tindakan perlindungan serta memastikan identitas tetap terjaga.

Tips Membuat Brand Guideline yang Tepat

Setelah memahami manfaat brand guideline, selanjutnya Anda perlu memahami langkah-langkah membuat elemen penting penyusunnya. Sebab, untuk membuat brand guidelines perlu upaya serta keterlibatan yang sifatnya jangka panjang. Simak tips menyusun elemen panduan memperkenalkan brand berikut ini:

  • Memikirkan Brand Story 

Setiap bisnis tentu memiliki nilai inti yang mencerminkan brand story serta prinsip-prinsip tertentu sebagai langkah pertama. Penting menetapkan nilai apa yang ingin ditonjolkan termasuk mengedepankan persepsi umum yang ada di pikiran konsumen. Anda juga harus menentukan bagaimana perusahaan ingin dipandang oleh konsumen. 

  • Logo

Selanjutnya Anda perlu membuat identitas visual serta perlengkapan pendukungnya. Anda perlu bergerak ke ranah yang lebih konkrit. Oleh karena itu, Anda membutuhkan materi branding yang selaras dengan identitas merek. Selain itu, pastikan dokumen yang lebih detail seperti spesifikasi brand guideline logo. 

  • Brand Colour

Semakin spesifik brand guideline yang Anda buat, maka memudahkan pihak terkait saat mengikuti pedoman tersebut. Detail yang jelas perlu menjelaskan spesifikasi palet warna yang digunakan, sehingga Anda bisa merasakan manfaat brand guideline.

  • Font

Font merupakan bagian penting karena akan memperlihatkan nilai kerapian serta isi yang termuat di dalamnya. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan ukuran yang tidak terlalu besar serta mudah dibaca konsumen.

  • Komunikasikan Brand Voice

Untuk merasakan manfaat brand guideline, coba buat bagaimana merek ingin Anda proyeksikan. Tentukan bahasa, kosa kata hingga gaya penulisan yang akan digunakan dalam materi tertulis, sehingga mudah dipahami oleh pelanggan. 

Untuk mewujudkan brand guideline yang terbaik, maka perlu penyedia jasa yang bisa membantu. Hal ini juga akan memudahkan memperkenalkan brand ke masyarakat luas. Boleh Dicoba Digital akan membantu mewujudkan brand guideline yang berkualitas, sebab tim terdiri dari orang-orang yang berpengalaman di bidangnya.