Demi Menjaga Kebersihan Toilet Cubicle, Singapura Luncurkan Aplikasi Ini

Sebagai negara maju dalam skala Asia Tenggara, singapura nampaknya benar-benar memperhatikan toilet umum sebagai tempat yang tidak boleh ada kesan kotor sama sekali. Hal ini terlihat pada keseriusan negara berlambang singa tersebut dengan adanya aplikasi smartphone serta tablet, menggandeng Restroom Association of Singapore (RAS) yang menjangkau pelayanan Connect LOO jalan situs toilet.org.sg, dapat memudahkan masyarakat untuk menilai masing-masing fasilitas umum yang tersebar pada Singapura, salah satunya adalah toilet.

Baca juga: Perkembangan Teknologi Semakin Maju, Ini Dia Jenis Pekerjaan Yang Akan Terancam Digantikan

Untuk mempertahankan kebersihan toilet umum yang ada, masyarakat dilibatkan untuk memberi penilaian dengan memberi bintang lima, empat hingga tiga. Apabila bintang atau rating yang diberikan semakin bertambah atau banyak, maka dipastikan bahwa toilet umum tersebut memiliki tingkat kebersihan yang terjamin. Menurut perwakilan Restroom Association of Singapore, pemanfaatan teknologi ini mampu mengenali tingkat kebersihan toilet sehingga mampu mendorong perilaku masyarakat Singapura untuk lebih bertanggung jawab secara sosial.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh asosiasi tersebut telah menunjukkan bahwa Kontraktor Partisi Toilet Cubicle / Kubikel Phenolic Premium (SNI) paling bersih di Singapura banyak berada di beberapa kantor pemerintah, rumah sakit serta restoran. Terlepas dari hal tersebut, aplikasi untuk mengenai toilet sebagai fasilitas umum tersebut sejatinya telah meluncur pada platform iOS dan Android di tahun 2013.

Sumber: