Cara Mencegah Kelelahan Kronis ala SehatQ.com


Kelelahan bisa terjadi karena tubuh yang selalu melakukan aktivitas padat tanpa dibarengi dengan istirahat yang cukup. Jika kebiasaan ini terus berlanjut, maka tubuh akan mengalami kelelahan kronis. Kelelahan kronis ditandai dengan tubuh yang selalu lelah padahal sudah melakukan istirahat. Hal ini akan membuat penderitanya mudah letih dan tidak bertenaga dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, sebelum Anda terjangkit penyakit ini maka harus mengetahui terlebih dahulu apa saja gejala dan cara untuk mencegah kelelahan kronis berikut ini.

Gejala Sindrom Kelelahan Kronis

Gejala sindrom kelelahan kronis memang berbeda tiap individu, serta tingkat keparahan gejala yang diderita pun berubah-ubah tiap harinya. Namun, tetap saja gejala kelelahan kronis ini akan semakin memburuk jika tidak ditangani sesegera mungkin. Jika kelelahan kronis ini telah memburuk ada kemungkinan Anda tidak akan bisa bekerja dan beraktivitas seperti semula.

Dan lagi sindrom kelelahan kronis belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya, meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir karena dengan mengetahui apa saja gejalanya Anda bisa langsung melakukan pencegahan.
  • Tubuh terasa lelah yang sangat parah
  • Sakit tenggorokan
  • Sering sakit kepala
  • Ingatan dan konsentrasi sering buyar
  • Nyeri otot dan sendi
  • Adanya pembesaran kelenjar getah bening di leher dan ketiak
  • Sering merasa pusing saat berganti posisi dari tidur ke duduk atau berdiri
  • Insomnia yang kronis
  • Tidur tidak nyenyak
  • Mengalami gangguan tidur yang ekstrim

Itulah beberapa gejala umum dari kelelahan kronis yang sering diderita oleh pengidap sindrom ini. Perlu diingat juga bahwa beberapa gejala tersebut bisa tiba-tiba hilang dan untuk beberapa waktu muncul kembali. Meskipun kondisi ini sangat mempersulit dalam proses pengobatan, tetapi pastikan untuk tetap rajin dalam melakukan pencegahan seperti berikut ini.

Cara Mencegah Kelelahan Kronis yang Harus Anda Ketahui ala SehatQ

Kelelahan kronis adalah sebuah sindrom yang akan membuat Anda berada dalam keadaan yang selalu lelah sepanjang hari, hal ini akan terus terjadi selama lebih dari 6 bulan meskipun Anda sudah istirahat cukup. Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Yuk simak informasi berikut ini.

1. Ubah Gaya Hidup

Mengubah gaya hidup merupakan perawatan sindrom kelelahan kronis yang pertama. Dengan mengubah gaya hidup menjadi sehat, tubuh akan kembali mencerna berbagai nutrisi baik yang akan mengembalikan energimu.

2. Mengkonsumsi Obat yang Dianjurkan

Tahukah Anda bahwa dengan menderita kelelahan kronis yang parah akan memicu gejala depresi. Nah, jika Anda sudah di tahap ini usahakanlah untuk mengonsumsi obat antidepresan dengan dosis yang rendah. Selain itu, pastikan juga mengonsumsi obat sesuai rujukan psikiater.

Selain mengonsumsi obat antidepresan, psikiater juga akan memberikan obat tidur untuk menjaga kualitas tidur Anda. Obat pereda nyeri sendi juga akan diberikan jika diperlukan sebagai suplemen untuk kelelahan kronis.

3. Lakukan Alternatif Lain

Selagi Anda menjalankan beberapa tips diatas, alangkah lebih baiknya jika dibarengi dengan melakukan kegiatan bermanfaat lainnya. Anda bisa mencoba melakukan yoga, tai chi, pijat, dan bila diperlukan bisa dengan melakukan akupuntur. Dengan melakukan beberapa kegiatan tersebut dapat meredakan berbagai gejala yang menjadi contoh kelelahan kronis.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai gejala dan cara mencegah kelelahan kronis ala SehatQ yang dapat membantu Anda. Pastikan untuk melakukan pencegahan tersebut dengan rajin, dan jika sindrom tidak kunjung sembuh serta malah memburuk pastikan untuk mendapatkan penanganan dari dokter ahli.

0 komentar