Manfaat Vitamin C Untuk Asam Urat

20.09

Vitamin C (ascorbic acid) merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C dapat diperoleh secara alami dari buah dan sayur yang Anda konsumsi setiap harinya. Vitamin ini banyak terdapat pada buah dan sayuran segar. Seperti jeruk, mangga, teh hijau, bunga rosella, lemon, kiwi, brokoli dll.

Kekurangan vitamin C dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Seperti menyebabkan gusi berdarah, anemia dan melemahnya imunitas tubuh. Saat badan mengalami kondisi demikian, vitamin C alami tidaklah cukup, Anda juga memerlukan tambahan vitamin C dari selain makanan. Vitamin C berbentuk suplemen pada umumnya beredar berupa tablet hisap atau serbuk dan minuman.

Baca juga: Manfaat Takokak Untuk Asam Urat

Ascorbic acid sangat berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya asam urat. Dr. Hyon Choi menjelaskan bahwa asupan vitamin C menyediakan manfaat lain untuk asam urat (Universitas British Columbia, Kanada). Lantas apa saja manfaat vitamin C untuk asam urat? Berikut beberapa manfaat serta penjelasannya:

1. Sebagai Antioksidan 

Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas dan membantu meregenerasi sel-sel dalam tubuh. Pada hal ini khususnya sel-sel area sendi yang mengalami kerusakan akibat pembengkakan karena tingginya kadar asam urat dalam darah.

2. Sebagai Anti Inflamasi atau Peradangan

Manfaat vitamin C untuk asam urat selanjutnya yaitu vitamin C bersifat anti inflamasi pada  peradangan sendi yang disebabkan oleh asam urat. Asam urat terjangkit karena terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan tinggi purin seperti kerang, otak, hati dan lain-lain, sehingga Anda harus mengurangi makanan yang tinggi akan purin dan memperbanyak asupan vitamin pada tubuh.

3. Menurunkan Kadar Asam Urat

Asam urat dipengaruhi oleh tinggi rendahnya kadar purin dalam darah. Jika kadar purin  masih dalam batas normal, maka vitamin C berperan sebagai pelancar pencernaan dan membantu eksekusi purin melalui urin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi vitamin C 1000-1500 mg per hari memiliki penurunan asam urat sebesar 45%. Hal di lebih berpengaruh secara signifikan dalam penurun kadar asam urat dibandingkan dengan yang sedikit saja mengkonsumsi vitamin C setiap harinya. (Archives Of Internal Medicine).

Namun yang perlu Anda ketahui, mengonsumsi vitamin C secara berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Maka konsumsilah vitamin C sesuai dengan usia Anda dan perbanyak minum air putih serta makanan seimbang setiap harinya.

0 komentar