Manfaat Takokak Untuk Asam Urat

20.04
Manfaat Takokak Untuk Asam Urat

Takokak atau banyak juga yang menyebutnya dengan nama terung pipit adalah tanaman yang memang belum banyak diketahui orang. Padahal tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, mulai dari manfaat takokak untuk asam urat maupun manfaat untuk mencegah beberapa jenis penyakit lainnya.

Tanaman ini sudah bisa Anda temukan di seluruh wilayah Indonesia dan biasanya tumbuh di semak-semak. Bentuk dari takokak tidak jauh berbeda dengan leunca, tetapi untuk tingkat kepopulerannya jauh lebih terkenal leunca. Kebanyakan orang juga memiliki membudidayakan leunca dibanding takokak. Sehingga seringkali takokak terlihat tumbuh secara liar tanpa perawatan begitu saja.

Baca juga: Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Asam Urat

Rasa dari buah takokak adalah getir, meski begitu buah ini juga kerap dijadikan sebagai lalapan sambal oleh masyarakat Indonesia. Sebelum dimakan buah ini harus dimasak terlebih dahulu dengan cara dikukus. Selain mengenyangkan, takokak juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit loh.

Dilansir dari GridHealth dalam sebuah artikelnya “Sering Dianggap Tanaman Liar, Takokak Bantu Meredakan Asam Urat”. Dari judulnya saja Anda sudah pasti paham bahwa salah satu manfaat yang ditimbulkan dari takokak adalah bisa mengatasi masalah asam urat.

Manfaat tersebut didapat karena buah takokak kaya akan zat kimia yang bisa mengobati asam urat. Misalnya saja seperti chlorogenin, sisalogenone, solasonin, vitamin A, panicolugenindan jurubine dan masih banyak lagi. 

Agar manfaat takokak untuk asam urat bisa turut Anda rasakan Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin di rumah. Caranya sangat mudah dan tidak membutuhkan proses lama, pasalnya Anda bisa langsung memakannya dalam kondisi mentah dengan jumlah 5 hingga 10 buah setiap harinya.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan sup sayuran yang Anda masak, atau jika Anda menyukai gado-gado atau ketoprak Anda juga bisa mencampurkan kedalamnya.

Fungsi takokak untuk asam urat ini seperti menyembuhkan kemerah-merahan serta membantu membuang asam urat yang ada dalam tubuh Anda. Sekedar informasi, jika di daerah Anda tidak ditemukan yang namanya takokak, mungkin nama penyebutannya saja yang berbeda. Di daerah-daerah lainnya ada pula yang menyebut dengan nama rimbang, cokowana, cepokak atau ada pula yang menyebutnya dengan pokak.

Meskipun manfaat takokak untuk asam urat ini masih sangat minim akan penelitian secara ilmiah, tetapi sudah banyak orang yang membuktikan dan merasakan kedahsyatan dari buah satu ini. sebagai salah satu ikhtiar, maka Anda juga bisa mencobanya untuk meredakan bahkan menyembuhkan asam urat.

0 komentar