Persyaratan

Guna meningkatkan pemanfaatan open source di Indonesia, FOSS-ID ingin bekerjasama dengan institusi pendidikan, komunitas dan instansi pemerintah di daerah. Adapun untuk persyaratan untuk bergabung menjadi Helpdesk FOSS-ID antara lain:

  1. Calon Helpdesk yang berhak mendaftar adalah organisasi berbadan hukum baik Institusi Pendidikan, Komunitas ataupun Instansi Pemerintah dimana belum ada POSS, IGOS Center dan atau Helpdesk FOSS-ID di daerahnya. Untuk Helpdesk FOSS-ID 2010 lebih di utamakan daerah di luar pulau Jawa dengan perbandingan 20% pulau Jawa, 80% di luar pulau Jawa.
  2. Calon Helpdesk FOSS-ID mendownload file berkas pendaftaran helpdesk dari situs www.foss-id.web.id, yang harus diisi dan di serahkan selambat-lambatnya 31 Januari 2010 melalui email ke alamat support @ foss-id.web.id dengan Subject: [Helpdesk FOSS-ID] Pendaftaran.
  3. FOSS-ID melakukan penyaringan terhadap Calon Helpdesk yang mendaftar. Kualifikasi calon di tentukan berdasarkan kelengkapan administrasi maupun teknis untuk menentukan calon-calon Helpdesk yang berpotensi untuk menjadi Helpdesk FOSS-ID.
  4. FOSS-ID mengirimkan tim survey ke lokasi calon Helpdesk yang sudah melakukan proses penyaringan guna pengecekan lebih lanjut.
  5. Pada saat survey, FOSS-ID akan memeriksa kelengkapan fisik baik sarana, prasana maupun SDM yang di miliki oleh calon helpdesk. Calon Helpdesk FOSS-ID wajib memberikan presentasi tentang rencana program kerja yang akan mereka lakukan apabila terpilih menjadi Helpdesk FOSS-ID. Apabila hasil survey & presentasi sesuai dengan kebutuhan FOSS-ID, FOSS-ID akan memberikan penjelasan detil SOP dan tatalaksana Helpdesk FOSS-ID serta memberikan berkas-berkas yang harus di isi dan dikirimkan kembali dalam bentuk email & dokumen fisik selambat-lambatnya 2 minggu setelah survey.
  6. FOSS-ID akan melakukan penyeleksian akhir berdasarkan kelengkapan dokumen & hasil survey yang dilakukan.
  7. FOSS-ID akan mengumumkan calon Helpdesk yang lolos kualifikasi dan telah di setujui untuk menjadi Helpdesk FOSS-ID melalui www.foss-id.web.id pada 30 Maret 2010.
  8. FOSS-ID akan mengirimkan MOU yang nantinya harus di isi dan di serahkan oleh Helpdesk FOSS-ID kembali paling lambat 15 April 2010.
  9. Helpdesk FOSS-ID wajib mengirimkan laporan triwulan dengan minimal tiga kegiatan didalam laporan tersebut. FOSS-ID akan melakukan evaluasi kerja Helpdesk dengan melihat laporan yang dikirimkan. Helpdesk FOSS-ID juga diwajibkan menulis kegiatannya di situs www.foss-id.web.id