Perkembangan Teknologi Semakin Maju, Ini Dia Jenis Pekerjaan Yang Akan Terancam Digantikan

Perkembangan Teknologi Semakin Maju, Ini Dia Jenis Pekerjaan Yang Akan Terancam Digantikan

Perkembangan Teknologi Semakin Maju, Ini Dia Jenis Pekerjaan Yang Akan Terancam Digantikan

Perkembangan teknologi memang mempunyai andil sangat besar dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Bayangkan saja apabila tidak ada fasilitas teknologi, aktivitas manusia akan mancet dan berhenti begitu saja. Salah satu contohnya pekerjaan tidak bisa diselesaikan dengan baik karena tidak adanya sarana serta media informasi untuk memudahkan kinerjanya. Meskipun begitu, ternyata bidang teknologi juga mampu memberikan efek buruk bagi masa depan peradaban manusia. Hal paling ditakutkan adalah saat kecanggihannya mampu mengalahkan kemampuan manusia, khususnya dalam dunia kerja. Di bawah ini ada 9 macam pekerjaan yang diprediksi akan hilang secara perlahan karena nantinya akan digantikan dengan peran teknologi modern dan canggih!

1. Kasir

Jenis pekerjaan yang satu ini sangat disukai dan populer sejak 20 tahun lalu bahkan sampai sekarang. Selain karena sistem kerjanya cukup mudah, peluang lapangan kerjanya juga besar karena tiap daerah membutuhkan tenaga kasir, seperti pada outlet, toko, swalayan, butik, mall, dan sebagainya. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, pekerjaan ini makin jarang peminat. Alasan utamanya yaitu karena kebutuhan masyarakat sudah cukup terpenuhi dengan adanya kemudahan baru, contohnya online shop. Selain itu kabarnya akan dibentuk sistem pembayaran otomatis dan praktis yaitu menggunakan mesin kasir otomatis.

2. Petugas Loket Tol

Dulu tiap masuk gerbang tol ada seorang petugas yang membantu memberikan karcis, namun beberapa jalan tol modern sudah tidak menggunakan cara lama itu lagi. Saat ini sudah ada yang namanya mesin karcis tol otomatis dengan menempelkan uang elektronik maka secara otomatis pengendara bisa membayar tanpa harus menunggu.

3. Resepsionis

Bidang pekerjaan sebagai seorang resepsionis bertugas mengurus pencatatan tamu serta menerima telepon di suatu tempat seperti kantor, perusahaan, hotel, tempat wisata, dll. Sayangnya situs poker online resepsionis di masa depan sudah tidak terlalu dibutuhkan karena adanya mesin telepon virtual dimana bisa menjawab panggilan otomatis. Di Indonesia sendiri sepertinya belum menerapkan penggantian tugas resepsionis dengan mesin canggih, akan tetapi teknologi ini sudah sering digunakan di Jepang.

4. Teller Bank

Jenis pekerjaan sebagai teller bank juga tampaknya tidak terlalu dipakai untuk beberapa tahun kemudian. Hal ini dikakarenakan hadirnya teknologi canggih berupa mesin virtual ATM dengan fasilitas dan pelayanan sama persis seperti teller bank.

5. Agen Perjalanan

Bisa dibuktikan sendiri apabila sekarang teknologi di bidang pariwisata makin berkembang pesat. Salah satu contohnya yaitu masyarakat bisa melakukan wisata dan liburan tanpa menggunakan jasa dari agen perjalanan. Mereka bisa memesan tiket, kamar hotel, tiket pesawat pulang pergi dan keperluan lain secara online.

6. Pengantar Surat

Bisa diingat betapa profesi sebagai tukang pos atau pengantar surat sangat dibutuhkan sejak puluhan tahun lalu. Namun sekarang masyarakat modern sudah muncul berbagai macam kemudahan seperti adanya pengiriman surat lewat teknologi internet yaitu Email.

7. Pencetak Foto

Pekerjaan yang diprediksi akan menghilang selanjutnya yaitu pencetak foto. Hal ini sudah terbukti dengan berkurangnya toko atau bisnis percetakan foto. Alasannya karena masyarakat dapat mencetak fotonya sendiri dengan menggunakan kecanggihan teknologi komputer, printer, dan bahkan kamera instamini otomatis.

8. Penjual Kaset

Dengan adanya teknologi internet, elektronik dan juga gadget, orang tidak perlu lagi susah payah membeli kaset CD ataupun DVD. Bahkan apabila ingin menonon filem dan mendengarkan lagu, mereka bisa mengunduhnya di situs tertentu secara gratis,

9. Pekerja Sensus

Sekarang pendataan masyarakan pada wilayah tertenbtu dilakukan secara manual. Ada kelompok atau petugas sensus yang terjun langsung ke lapangan dan mendata jumlah penduduk di tempat tersebut. Akan tetapi sekarang pemerintah daerah sudah menggunakan teknologi modern seperti software yang dapat merekam serta melakukan pendataan penduduk secara lebih efisien.

Memang dengan adanya dunia teknologi, kehidupan manusia semakin mudah bahkan membantu di berbagai bidang. Seiring bertambahnya tahun, tentu saja dunia teknologi selalu berevolusi, entah kea rah positif ataupun negatif. Selain dapat meningkatkan produktivitas, ternyata revolusi teknologi terbukti dapat memberikan efek buruk, salah satunya menghilangkan beberappa profesi penting. Sebagai masyarakat dan pengguna teknologi, ada baiknya jika tetap bersikap bijak dalam menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari.

Sumber : https://economy.okezone.com/read/2018/02/17/320/1860919/9-pekerjaan-yang-terancam-pesatnya-perkembangan-teknologii

Mungkin Anda tertarik membaca artikel kami lainya mengenai:  mari mengenal lebih dekat ensiklopedia lingkungan rancangan mahasiswa ipb