Bug Perangkat Lunak Sebabkan Postingan Pribadi Dari 14 Juta Pengguna Facebook Berubah Menjadi Publik

Bug Perangkat Lunak Sebabkan Postingan Pribadi Dari 14 Juta Pengguna Facebook Berubah Menjadi Publik

Siapa yang tak mengenal aplikasi yang bisa menghubungkan satu orang dengan orang lain seperti facebook. Selain Instagram atau Twitter, Facebook merupakan salah satu aplikasi yang memiliki banyak pengguna khususnya di Indonesia. Hampir sebagian masyarakat memiliki akun facebook, Indonesia sendiri menempati peringkat keempat di dunia terkait akan pengguna facebook paling aktif. Selain untuk menjalin silaturahnmi, facebook juga dapat dijadikan sebagai lahan untuk usaha. Bukan hanya itu, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi facebook. Salah satunya pengaturan privasi kiriman. Ada dua pilihan privasi pada facebook, yakni publik ataupun privat. Saat pengguna mengirim postingan dengan fitur privat maka tidak sembarang orang melihat ataupun memberikan komentar pada postingannya.

Bug Perangkat Lunak Sebabkan Postingan Pribadi Dari 14 Juta Pengguna Facebook Berubah Menjadi Publik

Namun saat ini ada 14 juta pengguna facebook kiriman privatnya berubah menjadi publik. Hal ini terjadi karena adanya gangguan bug pada perangkat lunak pada laman facebook. Saat ini, pihak facebook sedang berusaha untuk memberitahu pengguna yang terimbas secara langsung akan gangguan yang sedang dialami.

Dilansir oleh Russia Today, Bug pada laman facebook mengubah pengaturan privat pada postingan pengguna facebook menjadi publik secara tidk sengaja. Pihak facebook sendiri mengkonfirmasi jika ada 14 juta pengguna yang terimbas secara langsung dan terjadi pada tanggal 18 Mei sampai 22 Mei.

Perubahan yang terjadi pada pengaturan postingan juga terjadi tanpa adanya peringatan apapun sebelumnya. Pihak facebook sendiri baru menyadari kesalahan itu dan langsung mengembalikan pengaturan otomatis ke pribadi pada tanggal 27 Mei. Sehingga menurut perhitungan, potensi kiriman pribadi berubah menjadi publik terjadi selama sembilan hari.

Baca juga artikel kami mengenai jasa penulis artikel

“Kami baru saja menemukan bug yang menyerang laman facebook dan mengubah secara otomatis pengaturan privat menjadi publik pada potingan pengguna akun. Dan kami menyarankan untuk memposting secara publik untuk beberapa orang yang membuat kiriman pada facebook di privat. Dan pihak facebook sendiri telah memperbaiki masalah bug yang tengah menyerang laman facebook,” ucap Egin Egan, Chief Privacy Officer Facebook.

Egin juga menambahkan jika pihak facebook secara resmi meminta maaf akan ketidaknyamanan yang terjadi dan juga menegaskan jika bug yang terjadi pada facebook tidak berpengaruh apapun pada postingan sebelumnya.

Mengingat banyaknya pengguna facebook yang ada di Indonesia masalah yang terjadi bisa saja mengganggu penggunanya. Postingan yang tadinya haya bisa dilihat secara pribadi berubah menjadi postingan yang bisa dilihat oleh khalayak ramai dan pastinya akan sangat mengganggu penggunanya.

Baca juga artikel kami lainya mengenai: rilis os baru android things secara resmi google semakin canggih

Pengaturan privaasi pada facebook memiliki manfaat yang bisa digunakan, karena dengan mengatur privasi postingan, pengguna bisa menentukan siapa saja yang bisa melihat postingan yang ia posting. Selain itu, pengguna juga bisa memantau aplikasi apa saja yag terhubung dengan facebook, dengan begitu pengguna bisa mengubah atau menhaghapus ijin aplikasi yang terkit jika sudah tidak lagi diguanakan.

Dengan pengaturan private pada facebook bisa dipastikan jika data pengguna akun facebook akan aman dan terjaga, dan bisa dipastikan bebas dari serangan hacker yang saat ini sedang merajalela. Namun adanya masalah pada bug laman facebook juga mempengaruhi privasi setiap pengguna facebook, dimana hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi.

Saat terjadi masalah kebobolan data facebook yang mencapai lebih dari 1 juta pengguna akun facebook, sejak saat itu pihak facebook mulai mawas diri dan berusaha untuk tetap menjaga keamanan, kenyamanan, dan juga privasi setiap pengguna facebook.

Sumber berita:
http://jogja.tribunnews.com/2018/06/08/postingan-pribadi-14-juta-pengguna-facebook-berubah-menjadi-publik-karena-bug-perangkat-lunak

https://sahabatartikel.co.id/