Tanpa Konten Digital yang Berkualitas, Produk Anda Tidak akan Laku di Pasaran

Teknik pemasaran digital di era sekarang semakin beragam bentuknya. Ada yang menggunakan situs website, jejaring media social, sampai native advertising.

“Semakin hari semakin meningkat. Banyak perusahaan-perusahaan yang mulai berpindah dari media tradisional (iklan TV atau banner) menjadi ke digital. Pemasaran digital mereka anggap lebih efektif karena biaya yang dikeluarkan lebih ekonomis,” tutur Chief Marketing Officer (CMO) AXA Indonesia, Colin McDougall, di acaranya ‘GetCRAFT Jakarta Content Marketing MeetUP’, Selasa (7/2/2017) lalu.

Keefektifan pemasaran digital juga telah diakui Penasihat Teknis IPG (Mediabrands, Pradeep Harikrishnan. Beliau mengatakan, sebagian perusahaan Indonesia telah menghabiskan 10 – 15 % anggaran jika memanfaatkan pemasaran digital.

Meskipun begitu, marketers atau tim pemasaran juga sebaiknya melakukan pertimbangan yang matang dalam menentukan pemasaran digital mana yang hendak dicapai, hal ini tentu untuk memenuhi target penjual sesuai yang diinginkan. Dua orang CMO di acara MeetUp tersebut telah sepakat bahwa cara memilih media yang paling tepat adalah dengan melakukan perhitungan.

Pengukuran di level mikro, seperti click through rate atau jumlah klik pada iklan, jumlah pengunjung situs web setiap harinya, atau impressions (banyaknya jumlah iklan yang terdeteksi pengunjung situs web), dengan begini anda baru bisa memastikan pemasaran digital nanti dapat berjalan dengan tepat. (Jvzoo Oto Download)

Tak lupa juga target audiens harus menjadi pertimbangan dalam memilih media pemasaran. Menurut Corporate Marketing and Online Business Director Samsung Electronics, Jo Semidang, Saluran Digital, terutama pada media social. Saluran ini sangat cocok untuk menarik pasar anak muda sekarang. Sedangkan, jika anda ingin menarik minat para orang dewasa, maka harus memanfaatkan media iklan tradisional, seperti: TV.

Native Advertising

Customer experience atau pengalaman pelanggan menjadi factor utama yang perlu diperhatikan tim pemasaran dalam dunia pemasaran secara keseluruhan. McDougall juga menekankan bahwa tim pemasaran dan seluruh karyawan, perluu untuk mendekatkan dirinya pada pelanggan.

“Coba pahami kebutuhan dan tuntutan pelanggan”, tutur Colin. Karyawan perlu untuk berusaha menyesaikan masalah dan mencari cara yang harus dilakukan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan begini, konsumen akan mendapat pengalaman menyenangkan dengan perusahaan.

Satu hal yang tidak kalah penting pula dalam pemasaran digital adalah konten. Terutama jik anada menggunakan native advertising. Sebab, kecenderungan konsumen saat ini hanya membaca konten-konten berita yang mereka anggap penting. Diluar itu, anda tidak akan bisa mendapatkan calon konsumen.

Selain itu, masyarakat sekarang juga lebih memilih membaca tulisan-tulisan yang mengangkat isu tertentu. Dibandingkan artikel yang berisikan produk saja. Jadi, anda harus memahami dulu bagaimana target audiens nanti sebelum memulai memasarkan produk.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *