Software / Aplikasi Canggih untuk Identifikasi Nama Tanaman

Apakah anda pernah menemukan foto tanaman yang tidak bisa diidentifikasi apa nama yang ia miliki? Sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir karena kemajuan teknologi yang melaju cepat telah menghadirkan perkembangan teknologi bernama Atrificial Intelligence ( AI ) yaitu program menakjubkan yang bisa mengidentifikasi nama dan jenis tanaman hanya melalui foto.

Kita bisa mengambil foto tanaman foto menggunakan foto tanaman yang sudah ada, kemudian diidentifikasi termasuk dalam jenis tanaman apa. Aplikasi ini akan mengidentifikasi bentuk, warna, ukuran, model, sekaligus ciri-ciri lain yang dimiliki oleh tanaman.

Anda bisa mengambil foto pada bagian bunga, buah, batang, pohon, dan lain sebagainya untuk mengidentifikasi ia termasuk jenis tanaman apa. Berikut adalah aplikasi yang bisa anda manfaatkan untuk identifikasi nama dan jenis tanaman:

1) PictureThis

PictureThis adalah sebuah aplikasi android dan iOS. Yang dapat mengidentifikasi tanaman dengan sangat mudah, prinsip kerjanya yaitu mencocokkan karakteristik tanaman melalui bunga. Anda bisa langsung mengambil foto bunga / tanaman pada ponsel kemudian aplikasi ini akan mencoba mengidentifikasi foto tersebut.

Cara kerja yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah menampilkan beberapa foto tanaman beserta namanya yang cocok dengan foto yang anda kirimkan tadi, anda juga bisa mengonfirmasikan pilihan anda dan membaca deskripsi setiap tanaman yang muncul. Deskripsi tanaman itu meliputi: nama, gen, rumpun, jenis tanaman, dan lain sebagainya. Jika anda mau, bisa juga menambahkan komentar untuk spesifikasi lebih lanjut terkait tanaman.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi untuk Dekorasi Rumah & Taman

2) Pl@ntNet

Aplikasi ini bisa mengidentifikasi tanaman berdasarkan foto yang telah kita ambil. Ia bisa kita download untuk perangkat mobile Android ataupun iOS. Jika dilihat dari fiturnya, aplikasi ini jauh lebih lengkap dibandingkan PictureThis di atas tapi cara penggunaannya sama. Anda dapat memotret atau tanaman dan mengunggahnya pada ponsel Anda.

Setelah mengklik foto atau memuat foto yang ada di dalam ponsel, maka aplikasi ini membutuhkan beberapa langkah tambahan. Jadi anda akan tahu apakah kehebatan fitur dari aplikasi ini. Anda dapat mengklik dan memuat hampir semua bagian tanaman, termasuk bunga, buah, daun, dan lain sebagainya sebagai bahan identifikasi. Setelah foto telah dimuat, anda bisa memilih bagian tanaman mana yang ingin di identifikasi. Kemudian aplikasi ini akan memproses gambar tersebut dan menunjukkan hasil yang cocok.

Konfirmasikan tanaman dari hasil aplikasi dengan tanaman yang ingin anda identifikasi tersebut. Jika sudah gambar dan seleksi anda akan diserahkan pada Pl@ntNet agar bisa ditunjukkan kepada semua masyarakat, jadi akan membantu orang lain untuk mengenali tanaman dengan bantuan ponsel.

Aplikasi ini juga memberikan fitur yang hampir sama dengan PictureThis, dimana Ia terdapat feed komunitas untuk saling berbagi mengenai tanaman terbaru yang diidentifikasi oleh para pengguna.

Sumber: https://tamanbibit.com/