Skygofree, Malware Paling Kuat Yang Menyerang Aplikasi di Android

Skygofree, Malware Paling Kuat Yang Menyerang Aplikasi di Android

Penelitian oleh ahli keamanan Kaspersky berhasil menemukan spyware atau peranti mata-mata paling kuat di Android. Spyware ini dapat meretas perangkat Android, membocorkan pesan WhatsApp, hingga mengambil lebih banyak data milik pengguna Android. Peranti mata-mata itu bernama Skygofree.

Keberadaan Malware Yang Mengancam Dunia Digital

Seputar Skygofree

Kaspersky menduga malware Skygofree ini berasal dari perusahaan bernama Negg yang pusatnya di Roma, Italia. Negg merupakan perusahaan yang memiliki tim hacking terkemuka di dunia. Dan para peneliti menemukan beberapa referensi dan tautan ke Negg. Malware ini mulai ditemukan pada tahun 2014 dan kembali bergerak di tahun 2017.

Cara kerja malware ini pada mulanya akan memberikan pemberitahuan palsu pada penguna. Isinya seputar perbaharuan konfigurasi Android. Kemudian di waktu yang sama, malware ini telah masuk ke sistem operasi dan menyembunyikan sebuah ikon dengan menyamar sebagai aplikasi normal. Malware ini memanfaatkan fitur Accessibility Service pada Android sehingga bisa membaca apa pun yang tampil di layar.

WhatsApp yang memiliki sistem keamanan untuk pesannya pun berhasil dipecahkan kode keamanannya oleh Skygofree. Malware ini memata-matai pesan di WhatsApp. Tidak hanya memata-matai saja, Skygofree dapat merekam pesan-pesan tersebut. Bukan cuma pesan, Skygofree mampu mengambil gambar atau video hingga merekam suara.

Inilah beberapa kemampuan luar biasa lain yang bisa dilakukan Skygofree sehingga dijuluki malware terkuat di Android.

Mencuri Banyak Data.

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, Skygofree dapat memata-matai hingga merekam sebuah pesan. Kemampuan lainnya, ia bisa mencuri agenda di kalender, catatan panggilan, rekaman telepon, hingga informasi memori lainnya pada perangkat Android. Menurut penelitian Kaspersky, Skygofree juga mampu memaksa perangkat untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi dan membocorkan lebih banyak data pribadi pengguna.

Menyalakan Kamera Depan.

Makin parah lagi, malware ini mampu menyalakan kamera depan dan mengambil foto secara tiba-tiba. Bahkan saat perangkat tidak digunakan atau dikunci. Proses awalnya Skygofree mampu mengakses fitur itu, malware membutuhkan izin pengguna. Oleh karenanya, malware itu kemudian membuat permohonan izin yang tampak tidak mencurigakan.

Untuk itu, peneliti keamanan mengimbau pengguna Android untuk berhati-hati dengan aplikasi yang digunakan. Baca juga artikel kami sebelumnya menganai  find tukang jenis aplikasi layanan jasa terbaru untuk mencari tukang