Bidan Tidak Kalah Dari Seorang Dokter Kandungan

Selain dokter, perawat, bidan juga turut berperan dalam dunia kesehatan. Bidan lebih menjadi pilihan oleh beberapa masyarakat. Bidan diyakini memiliki beberapa kelebihan daripada dokter kandungan.
Seorang bidan adalah seseorang yang dipercaya bisa melakukan membantu pemeriksaan ibu hamil serta proses persalinan. Dahulu, orang yang belajar di sebuah sekolah khusus yang mempelajari tentang proses persalinan, disebut dengan bidan.
Bidan disebut dengan seorang penolong perempuan, namun bukan berarti seorang bidan dapat dianggap layaknya sebagai seorang pembantu. Maksud dari kata penolong di sini adalah sebagai orang yang memberikan pertolongan berupa layanan kesehatan yang sesuai kepada ibu yang sedang melakukan proses persalinan.
Banyak sekali anggapan bahwa bidan sama dengan perawat. Namun, kenyataannya bidan berbeda jauh dengan perawat. Bidan dan perawat memiliki persamaan, yaitu keduanya sama-sama mengabdi dalam pelayanan kesehatan seperti halnya tenaga kesehatan lainnya.
Mengenai Praktik Kebidanan
Bidan dapat sering sekali kita temukan sedang melakukan praktik di berbagai tatanan pelayanan kesehatan, seperti di Klinik, Rumah Sakit, Rumah Sakit Bersalin, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA), termasuk melakukan praktik di rumah yang disebut dengan Bidan Praktik Mandiri (BPM). Seorang bidan berwenang bekerja dan memberikan pelayanan meliputi pelayanan kesehatan ibu, pelayanan kesehatan anak dan pelayanan kesehatan reproduksi perempuan dan KB.
Ilmu Kebidanan dan Pendidikan Bidan
Ilmu Kebidanan adalah satu bidang ilmu yang mempelajari keilmuan dan seni yang mempersiapkan kehamilan, menolong persalinan, nifas dan menyusui, masa interval dan pengaturan kesuburan, klimakterium dan menopause, bayi baru lahir dan balita, fungsi–fungsi reproduksi manusia serta memberikan bantuan atau dukungan pada perempuan, keluarga dan komunitasnya. Di dalam bahasa Inggris, kebidanan diterjemahkan sebagai “Midwifery” sedangkan bidan disebut sebagai “Midwife”.
Kelebihan Seorang Bidan Dibanding Dokter
Benarkah seorang bidan menjadi pilihan banyak masyarakat daripada seorang dokter? Hal ini banyak dibenarkan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan seorang bidan memiliki kesabaran dalam menangani pasiennya. Bidan juga dianggap sebagai sahabat para ibu, karena yang ditanganinya selalu perempuan.
Biasanya, jika seseorang pasien berobat pada bidan, ia akan lebih leluasa berkonsultasi pada bidan dibanding dokter. Bidan diyakini mampu memberikan saran dari hati ke hati.
Selain itu, banyak ibu yang memilih melakukan perawatan setelah persalinan pada bidan karena pengobatannya dibilang lebih natural daripada dokter yang lebih terpaku pada ilmu kedokteran.
Banyak sekali keunggiulan seorang bidan, walaupun begitu, dokter juga memiliki keahlian yang lebih tinggi daripada bidan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *