Kepiting: Software Pendeteksi Keberadaan Ikan

Alat untuk mengetahui akan eksistensi ikan kini kian hari semakin berkembang. Malahan Keberadaannya sekarang kian banyak di minati oleh nelayan nelayan kecil di indonesia.

Era kemajuan teknologi menghasilkan alat pendeteksi ikan menjadi lebih mudah di aflikasi baik yang menerapkan android ataupun menggunakan berbasis laman.

Manfaat Dari penggunaan alat pendeteksi ikan ini bagi nelayan terang sangatlah banyak , antara lain :

  • Mampu menghemat biaya produksi bahan bakar
  • Keberadaaan ikan bisa di ketahui tanpa nelayan seharusnya berputar putar membuang waktu percuma.
  • Nelayan bisa memperkirakan akan waktu penangkapan ikan di laut dengan mengaplikasikan alat deteksi ikan di laut.

Perkembangan Alat pendektesi Ikan di mulai dengan munculnya fish finder dimana teknologi fish finder memakai sonar dan kini Deteksi ikan cukup mengaplikasikan citra satelit bisa di ketahui akan keberadaan ikan dan berapa jarak menuju ke fishing Ground.

Fish finder ( pencari ikan ) yakni yakni salah satu kemajuan teknologi digital yg bermanfaat untuk menolong aktifitas manusia, merupakan berguna bagi nelayan atau pelaut.

Baca juga: Selamatkan 90 Juta Telur Ayam Tiap Tahun dengan Teknologi Mesin Cuci

Sebetulnya teknologi fish finder ini sudah terdapat tapi dengan harga yang relatif mahal sebagai kesudahannya berdasarkan sinilah hal yg melatarbelakangi banyak orang untuk membikin aplikasi alat deteksi ikan.

Alat ini semacam GPS Ikan dimana menerapkan basic android karena nelayan yang memakai HP Android (Telpon) itu telah banyak di gunakan nelayan.

penerapan smartphone artinya menjadi pengganti posisi GPS Garmin dalam membaca hasil pembacaan sensor fish finder. Kecuali itu, dengan teknologi bluetooth yang relatif sophisticated bisa menghemat porto pengeluaran nelayan sebab tanpa perlu membeli pulsa paketan buat mengkaitkannya mengaplikasikan indera pembaca lokasi ikan.Dan teknologi alat pendeteksi ikan akan semakin berkembang.

Umumnya alat pendeteksi ikan Untuk penggunaannya, alat ini cukup dipasang di dasar atau samping perahu. Dengan sendirinya alat ini bisa mendeteksi keberadaan ikan di lokasi nelayan yang sedang berhenti, Dengan ini nelayan tak perlu membeli fish finder dengan harga yang cukup mahal. Jumbo Lump Crab Meat  

Dengan memanfaatkan telepon pintar yang mereka miliki atau dengan membeli smartphone baru dengan harga yang cukup murah. Nelayan telah dapat memanfaatkannya untuk berkomunikasi dan mencari ikan.

Padahal masih banyak kekurangan dan perlu dioptimalkan namun nelayan mau agar dengan banyaknya penelitian ini dapat menolong para nelayan kecil memberikan kabar mengenai posisi ikan dengan memanfaatkan hand phone, sehingga teknologi ini bisa menolong meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan,

Maka dari itu perananan mahasiswa, peneliti dan perekasayas serta institusi fungsional di kementrian kkp Mesti bisa terus berinovasi dan berkarya demi kemajuan dan kesejahteraan nelayan. Semoga artikel tentang alat pendeteksi ikan ini dapat memberi manfaat.

Sumber: