Kemajuan Game Belajar Bahasa Inggris Hangman

Mungkin anda pernah mendengar tentang permainan hangman, permainan yang bisa membantu anda untuk belajar bahasa inggris dengan menebak setiap kata dengan cara mengeja hurufnya. Mungkin jika anda bermain hangman secara manual dengan menggunakan buku dan menulis itu sudah sangat biasa. Namun kini bermain hangman bisa menjadi permainan yang kekinian.

Mahasiswa semester 5 kampus Palcomtech Palembang yaitu Neni Agistin, Yesi wayan Safitri dan Zulkaidah berhasil mengubah permainan menjadi lebih canggih lagi dengan mengubah ke era digital. Mereka memanfaatkan ilmu multimedia yang dimiliki untuk menjadikan permainann ini bisa dimainkan di pc ataupun komputer di rumah. Bimbel Stan

Neni agustin mewakili dua temannya mengatakan bahwa ide ini muncul karena mereka ingin membuat pembelajaran bahasa inggris kian mudah, selain siswa bisa belajar mereka juga bisa bermain. Mengingat sekarang belajar bahasa inggris bagi sebagian siswa masih kesulitan khususnya di jenjang sekolah dasar (SD).

Mekanisme yang digunakan untuk memainl]kan game ini pun sama dengan versi manualnya. Mereka memberi nama game ini menjadi Hango Man, game ini hanya meminta pemain untuk menebak setiap kata yang disiapkan dengan mengeja huruf satu per satu.

Neni mengatakan bahwa ada beberapa pilihan pertanyaan yang telah disiapkan, pertama untuk kategori nama negara, lalu nama buah, hewan dan bunga. Semuanya dirangkuo kedalam bahasa inggris.

Waktu untuk memperbaharui game ini menjadi lebih modern adalah sekitar 1 bulan. Hal yang sulit ketika proses pembuatannya adalah penerapan coding yang sering error. Neni juga mengatakan bahwa karena ini bentuk game sederhana, masih banyak kekurangan. Seperti belum punya waktu timer waktu bermain dan juga penambahan fitur gambar untuk setiap jawaban yang benar.

Untuk kedepannya mereka ingin mengembangkan game ini sehingga bisa di mainkan di smartphone dan bisa di unduh di playstore. Neni mengatakan bahwa ia sudah kepikiran untuk lebih mengembangkan game ini tapi karena ini masuk tugas mata kuliah jadi belum mampu dikembangkan. Rencananya bahan inilah yang akan jadi bahan skripsinya nanti.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *