Inilah Aplikasi Baru Transfer Uang Antarbank Tanpa Biaya

Inilah Aplikasi Baru Transfer Uang Antarbank Tanpa Biaya

Adanya perkembangan teknologi, membuat transaksi antarbank kini semakin dipermudah. Dengan adanya fitur internet banking dan mobile banking membuat pemilik rekening tidak harus datang ke ATM untuk melakukan transaksi. Sayangnya, perkembangan itu masih memberikan beban biaya pada nasabah yang ingin transfer ke rekening bank lain.

Perkembangan Aplikasi Untuk Kemudahan Transfer

Bermula Dari Kendala Klasik

Biaya administrasi transfer antarbank kerap kali menjadi kendala seseorang melakukan transaksi. Apalagi untuk usaha bisnis. Padahal bisnis sekarang semakin canggih dan serba digital dengan menjamurnya toko-toko online. Sayangnya metode pembayaran tiap toko tidak semuanya menggunakan rekening bank yang sama. Konsekuensinya, Anda harus menanggung biaya sekitar Rp 6.500 setiap transaksi. Biaya transfer ini bisa berbeda-beda tergantung dengan kebijakan banknya.

Bermula dari kendala itulah, pengembang aplikasi di Indonesia mulai berinisiatif untuk memecahkan permasalahan ini. Kini, Anda tidak perlu khawatir akan terbebani biaya admin jika transfer ke bank yang berbeda dengan rekening Anda. Telah hadir sejumlah aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan transfer antarbank tanpa biaya.

Macam Aplikasi Transfer

Sebut saja ShivApp, Flip, Bebasbayar, Payfazz, dan IPOTPAY. Lima aplikasi ini muncul dengan penawaran menarik tentang layanan gratis transfer antarbank. Keberadaan jasa kirim uang secara gratis itu dipantau kegiatannya oleh Bank Indonesia.

Masing-masing aplikasi tersebut memiliki karakteristik, limit, dan fitur yang berbeda. ShivApp memiliki limit transfer Rp 2 juta dan statusnya saat ini masih maintenance. Sementara Flip memberikan gratis biaya dengan limit Rp 5 juta per hari. Untuk transaksi sejumlah Rp 20 juta ada fasilitas FLIP+ dengan biaya Rp 2.500 per transaksi. Proses transfernya pun tidak real time, terkadang setiap transaksi membutuhkan beberapa menit sesuai nomor antrian.

Lalu ada Payfazz dengan fasilitas gratis biaya dengan limit Rp 1.000.000 tiap transaksi. Bebasbiaya juga memiliki limit dan untuk transfer dalam nominal besar, tetap memberikan biaya. Aplikasi terakhir IPOTPAY ini bisa dibilang penyempurnaan dari keempat aplikasi sebelumnya. Transfer uangnya real time, bebas biaya, dan tanpa limit. Teknologi yang digunakan pada IPOTPAY ini persis dengan yang diterapkan pada mesin ATM.

Itulah beberapa dobrakan yang dibuat untuk menjembatani nasabah yang terkendala dengan beban biaya transfer antarbank.