Ciri-ciri Komputer yang Terserang Virus atau Malware

Ciri-ciri Komputer yang Terserang Virus atau Malware

Jangan pernah menyepelekan virus atau malware yang menyerang komputer milik Anda. Kebanyakan orang yang masih awam terhadap teknologi akan membiarkan virus yang sudah menyerang komputer miliknya. Meskipun dalam hitungan hari virus yang menyerang komputer tidak memberikan efek apapun terhadap kinerja komputer, namun jika dibiarkan terus menerus maka lama-lama komputer akan rusak.

Komputer yang terserang virus atau malware dalam jangka waktu yang sudah lama dan tidak segera diatasi, maka komputer akan mudah mengalami overheat atau panas yang berlebihan. Jika komputer sudah mengalami overheat, maka komputer akan cepat rusak. Untuk itu, kenali ciri-ciri komputer yang sudah terserang virus atau malware agar Anda bisa segera mengatasi komputer yang sudah terserang virus.

Ciri-ciri Komputer yang Terserang Virus atau Malware

Muncul Shortcut Baru di Desktop

Jika di desktop komputer terdapat shortcut baru, maka Anda jangan mengklik shortcut baru tersebut. Sebab munculnya Shortcut baru terhadap desktop merupakan salah satu ciri-ciri komputer yang mulai terserang virus atau malware. Sebaiknya jika Anda tidak paham betul dengan teknologi, maka komputer milik Anda bisa langsung dibawa ke tempat servis komputer agar segera ditangani.

Kinerja Komputer Lebih Lambat

Biasanya komputer yang sudah terserang komputer atau malware akan mengakibatkan kinerja komputer menjadi lebih lambat dari biasanya. Sebab virus yang menyerang akan mengganggu proses kinerja komputer. Jika komputer Anda sudah mulai lambat ketika digunakan, maka perlu diwaspadai karena bisa jadi komputer Anda sudah terserang virus atau malware.

Adanya Aplikasi yang Terinstal dan tidak Dikenal

Salah satu ciri-ciri dari komputer yang sudah terserang virus yaitu terinstal nya aplikasi yang tidak dikenal yang baru saja ada di komputer Anda. Jika Anda menjumpai hal yang serupa ini, maka sebaiknya segera hapus aplikasi tersebut. Sebab aplikasi baru yang terinstal merupakan salah satu ciri dari komputer yang terserang malware.

Aplikasi Tiba-tiba Tidak Bisa Dijalankan

Terdapat virus yang sengaja menyerang komputer dan menyebabkan software-software pada komputer tersebut menjadi rusak. Adanya virus ini akan membuat aplikasi pada komputer tiba-tiba tidak bisa dijalankan. Jika Anda menjumpai hal yang serupa maka scanning seluruh aplikasi yang sedang aktif untuk mengatasi virus yang menyerang pada komputer.

Web referensi

Ciri-ciri Komputer Yang Terserang Virus Atau Malware


https://www.kompternet.com/2016/10/tanda-komputer-terinfeksi-virus-cara.html