Cara Mudah Membuat Apartemen Menjadi Kedap Suara

Pernahkah Anda tinggal di apartemen? Tinggal di apartemen artinya Anda berbagi satu lantai dengan tetangga. Ini membuat Anda bisa mendengar suara-suara dari tetangga. Mungkin bagi sebagian orang akan menganggap ini adalah hal biasa bila mendengar suara tetangga. Namun, ada juga yang menganggap suara-suara bising tersebut sebagai gangguan.

Bila ada tetangga sebelah apartemen yang kebetulan sedang menyalakan musik dengan keras atau sedang berpesta tentunya akan sangat mengganggu keberadaan Anda yang sedang beristirahat. Kita sebagai orang Indonesia pastinya menjunjung tinggi kesopanan, oleh karena itu kita hanya bisa mengingatkan tetangga sebelah dan tidak mungkin membentaknya hanya karena masalah ini.

Daripada terus mengingatkan tetangga sebelah, alangkah baiknya bahwa kita telah menyiapkan tindakan pencegahan untuk mencegah suara bising masuk dari luar. Berikut kami sampaikan beberapa tips untuk membuat apartemen menjadi kedap suara sehingga Anda tidak terganggu dengan suara-suara bising yang ada.

Tinggal di apartemen (sewa apartemen) berarti Anda harus berbagi satu lantai dengan tetangga-tetangga lain. Hal ini berarti Anda bisa mendengar suara-suara dari tetangga. Tahukah Anda bahwa untuk mengatasi kebisingan dari luar, Anda tidak perlu melakukan renovasi yang berat?

Ingatlah bahwa permukaan keras dan licin akan memantulkan suara lebih baik daripada permukaan yang tidak rata. Oleh karena itu, sebelum memutuskan cara mengurangi kebisingan, pelajari darimana sumber suara tersebut.

Perlu diingat bahwa tidak masalah jika suara tidak bisa dihilangkan dalam percobaan pertama karena biasanya diperlukan beberapa percobaan sebelum menemukan teknik yang pas untuk apartemen Anda.

  1. Manfaatkan Rak Buku
    Rak buku dapat Anda manfaatkan untuk membuat ruang apartemen menjadi kedap suara. Letakkan rak buku di tembok yang Anda inginkan agar menjadi kedap suara. Meletakkan benda berat dan padat memang dapat menghilangkan suara yang tidak diinginkan. Letakkan buku Anda sebanyak mungkin di rak buku untuk meredam suara di sekitarnya.
  1. Menggunakan door draftprotector
    Gunakan door draft protector, atau pelindung udara, yang biasa dipasang di bawah pintu. Benda ini dapat menahan udara dan mencegah suara-suara yang tidak diinginkan untuk masuk dari bawah pintu. Sehingga suara-suara yang menganggu Anda tidak akan terdengar lagi.
  1. Pakai Lembar Gabus
    Gunakan gabus khusus untuk membuat ruangan menjadi kedap suara. Lapisi seluruh dinding dengan gabus sehingga nantinya dapat membuat ruangan menjadi kedap suara.
  1. Menggunakaan Karpet
    Untuk menghilangkan gema, Anda bisa menggantung beberapa karpet favorit di dinding. Karpet dapat menyerap suara dengan efektif. Lapiskan karpet secara bertumpuk dan sebarkan beberapa karpet di dalam ruangan. Karpet untuk mengurangi gema ini cocok untuk apartemen dengan lantai kayu atau keramik.
  1. Menanam Tanaman
    Daun dan batang pada tanaman bisa mengalihkan, menyerap, dan membiaskan suara di sekitar ruangan. Pilihlah tanaman yang Anda suka lalu dekorasi apartemen Anda dengan menempatkan tanaman-tanaman tersebut di sekitar dinding Anda. Ada baiknya untuk memakai tanaman yang lebih besar, karena dapat mengurangi kebisingan.
  1. Memasang Tirai

         Tirai dapat Anda gunakan untuk meredam suara di luar jendela. Suara di luar jendela dapat diredam                              menggunakan tirai lapis ganda. Tirai ini nantinya akan menciptakan ketebalan sehingga menghindari bising                masuk ke dalam apartemen kesayangan Anda.

  1. Menggunakan Karya Seni
    Beberapa karya seni dapat meredam suara contohnya kanvas. Kanvas merupakan salah satu benda yang bisa meredam suara. Caranya dengan memasang panel akustik atau ubin di belakang kanvas yang digantung di dinding.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *