Selalu Menyediakan Alat Pemedam Kebakaran

Menyediakan alat pemadam kebakaran dalam sebuah gedung, bukan sebuah keharusan. Mengapa demikian? Karena kebakaran bisa saja terjadi di gedung tersebut. Kebakaran dapat meluluhlantahkan semua barang yang ada di dalam gedung. Misalnya, berbagi berkas kertas bisa terbakar dan hangus karena terjadi kebakaran. Semua file penting menjadi hilang karena terbakar.

Sebelum kita menentukan untuk memilih jenis alat pemadam kebakaran, kita harus terlebih dahulu mengetahui medan yang akan kita pasang alat pemadam kebakaran. Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan adalah luas dari area tersebut. Kita tidak mungkin menggunakan alat pemadam kebakaran ukuran kecil, untuk sebuah area yang sangat luas. Tentu kita akan membutuhkan alat pemadam kebakaran yang jauh lebih besar jangkauannya.

Alat pemadam kebakaran memang sangat banyak jenisnya. Dimulai dari alat pemadam kebakaran yang ukurannya kecil dan sederhana, hingga alat pemadam kebakaran yang terpasang secara paten di dalam gedung. Alat pemadam kebakaran kecil biasanya berupa yang berwarna merah. Tabung ini akan disimpan di sebuah tempat yang sangat mudah diakses oleh siapapun. Dengan demikian, ketika terjadi kebakaran maka akan mudah dipadamkan oleh orang-orang yang di sekitar.

Adapun alat pemadam kebakaran yang besar, biasanya berupa springkler. Alat tersebut menggunakan sensor panas. Jadi, alat tersebut akan memancarkan air secara otomatis, ketika sensor panas mendeteksi adanya kenaikan suhu. Alat pemadam kebakaran jenis-jenis digunakan untuk sebuah area yang sangat luas. Misalnya bisa digunakan untuk tempat parkir sebuah gedung.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *