Ini Dia Mobil Berteknologi dan Software Canggih, Mobil Murah Tetap Lebih Laris

Ini Dia Mobil Berteknologi dan Software Canggih, Mobil Murah Tetap Lebih Laris

Setiap pabrik mobil, pasti akan memajang mobil terbaiknya dalam setiap pameran otomotif. Mobil terbaik yang mereka miliki biasanya terlihat sangat mewah dan memiliki fitur teknologi tinggi yang pastinya canggih. Pabrik mobil atau agen pemegang produk atau yang lebih dikenal dengan APM pastilah akan menghadirkan mobil spektakuler yang harganya memang cukup mahal.

Memajang Mobil Berteknologi Canggih, Mobil Murah Tetap Lebih Laris

Dalam Gaikindo Indonesia International Autoshow atau yang lebih dikenal sebagai GIIAS misalnya, pengunjung pasti akan disuguhi dengan aneka mobil berteknologi tinggi yang canggih, mewah, dan pastinya terlihat sangat mempesona. Bahkan ada pula kendaraan unik yang belum diluncurkan oleh APM tersebut. Walau pada kenyataannya, mobil yang dipamerkan atau ditampilkan memang bukanlah mobil yang terlaris.

Hal ini dikarenakan mobil yang laris dan lebih laku di masing-masing APM biasanya adalah mobil yang harganya lebih terjangkau. Jadi mobil yang dipamerkan belum tentu mobil laris karena menurut Fransiscus Soerjopranoto yaitu seorang Executive General Manager PT TAM, mengatakan bahwa APM saat mengikuti pameran biasanya menyesuaikan tema yang sedang digelar

Penjelasan Mengenai Mobil Berteknologi VS Mobil Laris

Memajang Toyota Mirai

Agar lebih jelas mengenai keberadaan mobil mewah dan berteknologi serta mobil murah yang lari ini, contoh nyatanya pada acara GIIAS tahun 2016. Pada saat itu Toyota memajang mobil berteknologi tinggi bernama Toyota Mirai yang memiliki konsep FCV dan konsep C-HR.

Namun Toyota Mirai ini bukanlah mobil terlaris milik Toyota. Karena pemegang rekor penjualan terbanyak merek ini dipegang mobil yang harganya lebih murah misalnya Calya dengan torehan 9.239 unit dan Avanza dengan total angka 9.123 unit. Data ini diperoleh dari data wholesales Gaikindo bulan agustus 2016.

Jadi dapat dikatakan bahwa highlight teknologi mobil canggih yang dipajang oleh APM dalam suatu pameran memang bukanlah mengacu pada penjualan. Seperti yang pernah disinggung juga oleh Executive General Manager PT TAM, yaitu Fransiscus Soerjopranoto. Menurutnya para APM selain mengikuti tema pameran yang sudah ditentukan juga lebih mengarah ke edukasi kepada masyarakat tentang teknologi.

Contoh yang diberikan oleh Fransiscus Soerjopranoto misalnya tentang pameran GIIAS yang mengambil tema environment. Dalam pameran yang temanya ditentukan organizer itu, para APM tentunya tidaklah memajang mobil terlaris. Namun mobil berteknologi tinggi yang ramah lingkungan alias environment.

Edukasi Teknologi untuk Masyarakat

Dengan cara ini maka ajang pameran mobil berteknologi juga akan sangat bermanfaat bagi masyarakat karena bisa mendapatkan edukasi gratis mengenai kemampuan dari masing-masing pabrik atau APM yang menunjukkan kemampuan teknologi milik mereka masing-masing. Cara ini tentunya diharapkan bisa menjadi ajang kompetisi otomotif yang sehat untuk perkembangan dunia otomotif khususnya di Indonesia.

Dalam hal ini Yohannes Nangoi seorang ketua umum Gaikondo juga setuju dengan Executive General Manager PT TAM tersebut. Ia mengatakan bahwa fokus dan komitmen Gaikondo dalam pameran GIIAS memang menampilkan produk otomotif terbaik untuk masyarakat. Tentunya dalam hal ini termasuk model, teknologi, kemewahan, dan fitur lainnya. Jadi bukan serta-merta tentang angka penjualan.

Karena itu tak heran jika mobil yang dipajang pastilah yang sangat berbeda dari pikiran kebanyakan orang yang mengira itu adalah produk yang terlaris. Mobil-mobil yang dipajang tentunya meski memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan mobil murah di indonesia yang laris pada masing-masing APM, namun memiliki standar yang jauh lebih tinggi dan lebih modern.

Yohannes Nangoi juga menambahkan bahwa sebagai world class auto show series, dengan fokus dan komitmen yang telah dibentuk, ia ingin menjadikan GIIAS sebagai panggung di mana mobil terbaru yang memiliki teknologi mutakhir bisa diperkenalkan ke masyarakat secara luas.

Sumber
http://otomotif.liputan6.com/read/3049397/pabrikan-mobil-pamer-teknologi-canggih-yang-laris-mobil-murah